Sinambela, Rajaoloan (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK (ITL) SISWA KELAS XI TITL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132131009 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM. 5132131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
3. NIM. 5132131009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 5132131009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 5132131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 5132131009 TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 5132131009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 5132131009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
12. NIM. 5132131009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
13. NIM. 5132131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil instalasi tenaga listrik khususnya pada materi sistem pembumian antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik ( TIPTL ) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental. Populasi dalam penelitian dibagi menjadi 2 tempat yaitu kelas XI TIPTL 2 dan kelas XI TIPTL 3 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar menjelaskan dan memasang sistem pembumian antara strategi pembelajaran berbasis masalah, dengan strategi Pembelajaran Ekspositori, dimana hasil belajar Menjelaskan sistem pembumian untuk kelas yang menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar untuk kelas yang menerapkan strategi Pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 77,88 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 65,11. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen strategi pembelajaran berbasis masalah diperoleh Lhitung sebesar 0.0808 dan Ltabel sebesar 0.161 karena Lhitung < Ltabel maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument dengan Model Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0.01251 dan Ltabel = 0.161 karena Lhitung < Ltabel maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar diperoleh Fhitung sebesar 1,2597 dan Ftabel 1,8606 karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen.Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah Terhadap Hasil Belajar Menjelaskan dan memasang sistem pembumian Pada Siswa Kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 4,1346 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,672 yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar Sistem Pembumian yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 037 |
Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, EKSPOSITORI, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:32 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33212 |