Lingga, Dempo M. (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI DENGAN MATERI PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MEDAN TA 2010/2011. Masters thesis, UNIMED.
1-0809825004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2-0809825004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3-0809825004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4-0809825004 Bab I.pdf - Published Version
Download (976kB) | Preview
5-0809825004 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6-0809825004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD agar dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS ekonomi dengan materi Perusahaan dan Badan Usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru,(2) Peningkatan aktivitas siswa dan (3) Peningkatan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-III SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 40 orang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 22 siswa 1aki-laki. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dari instrumen tes berupa soal-soal pretes dan soal ulangan akhir siklus I, siklus II, dan siklus III. Sementara itu, instrumen nontes berupa lembar observasi, wawancara dan angket. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif.Hasil analisis data penelitian metode pembelajaran koopreatif tipe STAD dari prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan Hasil belajar klasikal adalah, 47,5%, 60%, 75%, 90%, dengan kenaikan hasil belajar pada sik1us I, II, dan III adalah 5,5%, 12,62%, dan 14,87%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII-III SMP Negeri 21 Medan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan indikator ketercapaian prestasi belajar siswa 90% dari keseluruhan siswa serta keterlibatan seluruh siswa aktif selama proses pembelajaran berlangsung.Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan salah satu metode pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat diterapkan untuk proses pembelajaran berikutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Lin p |
Keywords: | IPS ekonomi; Pembelajaran; Kooperatif; Tipe STAD; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 00:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3321 |