IRFAN, MATIAS (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4133121036 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
02. NIM 4133121036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
03. NIM 4133121036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
04. NIM 4133121036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
05. NIM 4133121036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
07. NIM 4133121036 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
08. NIM 4133121036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09. NIM 4133121036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. NIM 4133121036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 4133121036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus Kelas X Semester I SMA N 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing – masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam
bentuk uraian dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi oleh validator dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh dua observer. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t). Data penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,54 dan nilai rata-rata kelas kontrol 36,26, hasil uji t diperoleh thitung = 0,1474 dan ttabel = 1,997 karena thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai
kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 77,7 dan kelas kontrol 66,2. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,426 dan ttabel = 1,668 karena thitung > ttabel maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group
investigation pada materi pokok Gerak Lurus Kelas X Semester I SMA N 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 064 |
Keywords: | KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:24 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33207 |