AQSHO, FUAD (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TITL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN TERPADU PANGKALAN BRANDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113131017 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM 5113131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM 5113131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 5113131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 5113131017 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 5113131017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM 5113131017 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM 5113131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
12. NIM 5113131017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM 5113131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK YPT Pangkalan Berandan tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sample dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TITL 1 sebagai Kelas PBL dan kelas X TITL 2 sebagai Kelas Ekspositori, yang masing – masing kelas berjumlah 24 orang siswa . Test Ujian Instrument dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 33 butir. Hasil pengujian Pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata- rata diKelas PBL (12,29) dengan standar deviasi (4,05) dan skor rata -rata Kelas Ekspositori (12,12) dengan standar deviasi (3,65). Pada pengujian data Pretest diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi Normal dan Homogen, yang berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu Kelas PBL diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan Kelas Ekspositori diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model Ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan Posttest, maka diperolah nilai Posttest dengan hasil rata – rata Kelas PBL ( 24,16) dengan standar deviasi (2,82) dan untuk Kelas Ekspositori (21,66) dengan standar deviasi (2,77). Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh t = 3,10 dan t=1,679 sehingga t > t Sehingga Ha diterima yaitu model pembelajaran Problem based learning memberikan hasil belajar pada pelajaran mata pelajaran Gambar Teknik lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran ekspositor terhadap siswa kelas X TITL SMK YPT Pangkalan Berandan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 034 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN, EKSPERIMEN POSTTEST DAN PRETEST |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:09 |
Last Modified: | 13 Mar 2019 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33196 |