Musliana, Fulfita (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156181053 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8156181053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
3. NIM. 8156181053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 8156181053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 8156181053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 8156181053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 8156181053 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8156181053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
12. NIM. 8156181053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM. 8156181053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena minimnya penggunaan media yang digunakan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam terbatas hanya menggunakan buku paket dan papan tulis serta belum dikembangkannya media pembelajaran Adobe Flash berbasis discovery learning di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran adobe flash berbasis discovery learning yang dikembangkan. Pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 5 langkah yaitu: (1) analyze (analisis) (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), (5) evaluation (penilaian). Subjek Penelitian ini adalah 36 orang peserta didik kelas IV di SD Negeri 20 Banda. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, guru kelas, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi kriteria kelayakan dengan rata-rata 3,80 dengan kategori valid dan layak digunakan, serta efekif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya ketuntasan belajar individu mencapai 85,7%, ketuntasan belajar klasikal mencapai 80,5% dengan persentase N-gain mencapai 0,68 dengan kategori sedang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Mus p |
Keywords: | Adobe Flash, Dicovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2019 04:49 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33172 |