Ananda, Kiki Rizki (2018) INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA HOKKIEN DALAM BAHASA INDONESIA RAGAM TULIS OLEH SISWA ETNIS TIONGHOA KELAS VI SD SWASTA PERGURUAN BUDDHIS BODHICITTA MEDAN DAN STRATEGI PENANGGULANGANNYA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 816192013 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 816192013 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
3. NIM. 816192013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 816192013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 816192013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 816192013 TABLE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM. 816192013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 816192013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 816192013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
13. NIM. 816192013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 816192013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk interferensi leksikal
bahasa Hokkien dalam karangan narasi bahasa Indonesia, (2) Strategi
penanggulangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta
Perguruan Buddhis Bodhicitta Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VI-B dan VI-D yang berjumlah 81 orang. Data diambil dari karangan narasi yang
ditulis oleh siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang
dilakukan pada penelitian ini adalah teknik wawancara, untuk mengetahui latar
belakang siswa satu per satu, setelah mengetahui latar belakang siswa, dari 81
siswa SD Swasta Perguruan Buddhis Bodhicitta Medan, ada 40 siswa yang
berlatar belakang suku Hokkien. Kemudian siswa ditugaskan untuk menuliskan
sebuah karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interferensi
leksikal dan strategi penanggulangan untuk menurunkan angka interferensi bahasa
Hokkien dalam karangan narasi bahasa Indonesia. Adapun interferensi leksikal
dibagi berdasarkan kelas kata yaitu : kelas verba 26 kata, adjektiva 10 kata,
nomina 24 kata, pronomina 3 kata, numeralia 2 kata. Dengan jumlah
keseluruhannya ada 65 kata. Untuk strategi yang digunakan adalah strategi
pengajaran bahasa, yaitu: pengajaran menyimak, pengajaran berbicara, pengajaran
membaca dan pengajaran menulis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411 Ana i |
Keywords: | interferensi leksikal, bahasa Hokkien, karangan narasi, strategi penanggulangannya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Mar 2019 07:36 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33137 |