Pakpahan, Lasri Yopy (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN RAMBUT SISWA KELAS X KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143144010 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 5143144010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 5143144010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 5143144010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 5143144010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 5143144010 TABLES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM. 5143144010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. NIM. 5143144010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. NIM. 5143144010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
12. NIM. 5143144010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13. NIM. 5143144010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
15 NIM. 5143144010 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut dengan menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada mata pelajaran Dasar Kecantikan Rambut, materi Diagnosa Kulit Kepala dan Rambut.jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (Crassroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar , lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Tes dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 50 soal dan 42 soal yang valid dan digunakan secara Pre-tes dan Pos-tes. Adapun lembar observasi bertujuan untuk melihat aktivitas guru mengajar dan aktivitas siswa dalam penelitian ini.Hasil belajar siswa diperoleh dari tes yang diperoleh dari tes yang dilakukan tiap akhir siklus. Sedangkan aktivitas siswa diperoleh dengan melakukan pengamatan yang dilakukan observer. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretes adalah 60,64 ketuntasan secara klasikal sebesar 6,67%. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 74,0 serta ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56, 67% . Sedangkan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 52,60 kategori cukup aktif dan aktivitas mengajar guru sebesar 61,74 berada pada kategori aktif. Dilihat dari indikator keberhasilan hasil belajar,siklus I belum berhasil dan perlu diperbaiki pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 85,2 dengan ketuntasan klasikal 93,33 %. Sedangkan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 69,64 kategori aktif dan aktivitas mengajar guru sebesar 88,24 berada pada kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Kecantikan Rambut siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 1 Beringin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RIAS 020 |
Keywords: | Model pembelajaran NHT, Penelitia Tindakan Kelas, Dasar Kecantikan Rambut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 09:48 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33031 |