SARAGIH, BENNY (2018) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRILL BERPASANGAN DAN KE DINDING TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI YAYASAN SMK AKP GALANG TAHUN 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6143111018 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM. 6143111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM. 6143111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 6143111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 6143111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 6143111018 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6143111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6143111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 6143111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 6143111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 6143111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latihan bola Voli manakah yang lebih besar pengaruhnya antara latihan passing bawah berpasangan atau latihan ke dinding terhadap hasil Passing bawah pada siswa putra ekstrakurikuler bola Voli SMK AKP Galang 2018.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment, dan pelaksanaan latihan yaitu dengan latihan passing bawah berpasangan atau latihan ke dinding. Populasi dalam penelitian adalah siswa putra SMK AKP Galang 2018 berjumlah 16 orang. Jumlah sampel 16 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan menggunakan teknik matching by pairing yaitu latihan passing bawah berpasangan dengan latihan ke dinding. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dengan tes dan pengukuran yaitu tes Passing ke dinding. Penelitian dilaksanakan selama 4 minggu dengan jumlah latihan 3 kali dalam seminggu. Untuk melihat pengaruh masing-masing variabel bebas maupun terikat digunakan perhitungan statistik uji-t berpasangan dan uji-t tidak berpasangan.
Setelah data terkumpul dilakukan analisis : (1) analisis hipotesis I peningkatan hasil Passing bawah kelompok latihan passing bawah berpasangan diperoleh thitung sebesar 8,54 ttabel sebesar 2,36 dengan α = 0.05 (thitung > ttabel (8,54 > 2,36 ) berarti ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bentuk latihan passing bawah berpasangan terhadap hasil Passing bawah pada siswa putra ekstrakurikuler bola Voli SMK AKP Galang 2018. (2) Analisis hipotesis II peningkatan hasil Passing bawah kelompok latihan ke dinding diperoleh thitung sebesar 14,34 ttabel sebesar 2,36 dengan α = 0.05 (thitung > ttabel (14,34 > 2,36 ) berarti ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bentuk latihan ke dinding terhadap hasil Passing bawah pada siswa putra ekstrakurikuler bola Voli SMK AKP Galang 2018. (3) Analisis hipotesis III dari rata-rata simpangan baku diperoleh thitung sebesar 2,18 serta ttabel sebesar 2,14 dengan α = 0.05 (thitung > ttabel). Hal ini berarti ditolak dan diterima. jadi bentuk latihan passing bawah berpasangan lebih besar pengaruhnya dari pada latihan ke dinding pada siswa putra ekstrakurikuler bola Voli SMK AKP Galang 2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 093 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 16:01 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33024 |