MARTUA, JUHANDA (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL KOGNITIF TERHADAP AGRESIVITAS SISWA YANG MENGALAMI KEKERASAN VERBAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151028_COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 1143151028_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 1143151028_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 1143151028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1143151028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1143151028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143151028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143151028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1143151028_BAB I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13. NIM. 1143151028_BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM. 1143151028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling individual kognitif terhadap agresivitas siswa karena mengalami kekerasan verbal
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni s/d Agustus 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experimental
rancangannya jenis Pre test - post test group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2018/2019 yang memiliki agresivitas karena mengalami kekerasan verbal sejumlah 4 orang. Subjek diambil dengan menggunakan teknik purposive (sampel bertujuan) dengan karakteristik siswa yang memiliki agresivitas karena mengalami kekerasan verbal yang tinggi dari hasil analisis angket.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket agresivitas karena mengalami kekerasan verbal berjumlah 35 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data
diperoleh J hitung = 4 dengan = 0,05, adapun J tabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 4 > 0. Artinya hipotesis diterima. Data pretest
diperoleh rata-rata 107, sedangkan data post-test setelah diberikan layanan konseling individual kognitif diperoleh rata-rata sebesar 57,75, selisih antara pretest dan posttest sebesar 49,25 dan perubahan interval agresivitas karena mengalami kekerasan verbal pada siswa setelah diberi layanan konseling individual kognitif sebesar 46%. Artinya skor rata-rata siswa yang memiliki agresivitas karena mengalami kekerasan verbal setelah mendapat layanan konseling individual kognitif lebih rendah dari pada sebelum mendapat layanan konseling individual kognitif. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan
konseling individual kognitif terhadap agresivitas siswa yang mengalami kekerasan verbal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2018/2019 atau hipotesis dapat diterim
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 090 |
Keywords: | KONSELING INDIVIDUAL KOGNITIF; AGRESIF KARENA MENGALAMI KEKERASAN VERBAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 15:53 |
Last Modified: | 20 Mar 2019 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33016 |