PUSPITA, DINA (2018) PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMELDA MEDAN T.A 2017-2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113113009_COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 1113113009_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM. 1113113009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1113113009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1113113009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 1113113009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 1113113009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 1113113009_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
12. NIM. 1113113009_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 1113113009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa kreativitas anak belum dapat berkembang dengan baik. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran dalam hal mengasah kemampuan kreativitas anak masih bersifat biasa dan kurang berkembang, sehingga anak mudah merasa bosan ketika belajar. Kegiatan pembelajaran di sekolah jarang menggunakan media pembelajaran, tetapi masih hanya menggunakan LKS atau buku majalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode Edutainment terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini di lakukan di Tk Imelda Medan,
kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan dengan cara random dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 20 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah metode ekdutainment sedangkan variabel terikat adalah perkembangan kreativitas. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi
pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas
eksperimen 10,5 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8, sehingga perkembangan kreativitas anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,05 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Edutainment terhadap
perkembangan kreativitas anak dan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,055 >1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian penggunaan metode
Edutainment memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap perkembangan kreativitas anak dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan metode bercerita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 083 |
Keywords: | METODE EDUTAINMENT, KREATIVITAS, ANAK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 15:28 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33000 |