NAINGGOLAN, RINALDI TIMBUL RAJA (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING WITHIN INDUSTRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI TANGGA SISWA KELAS XIKOMPETENSI KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 1 PERCUT SEITUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM _ 5113111033 Cover.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02. NIM _ 5113111033 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
03. NIM _ 5113111033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
04. NIM _ 5113111033 Kata Penghantar.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
05. NIM _ 5113111033 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
06. NIM _ 5113111033 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
07. NIM _ 5113111033 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
08. NIM _ 5113111033 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
09. NIM _ 5113111033 BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM _ 5113111033 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM _ 5113111033 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar konstruksi tangga melalui penerapan strategi pembelajaran Training Within Insustry (TWI) di kelas XI SMK Negeri 1 Percut Setuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Seituan Tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 28 orang, strategi penelitian ini bersifat deskriktif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan
Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan menggunakan penilaian lembar observasi hasil belajar menggambar konstruksi tangga. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat meningkatnya hasil belajar siswa Hasil penelitian menggunakan strategi pembelajaran training within industry dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dimana peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana ketuntasan siswa pada siklus I terdapat 6 orang siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 22 orang siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa pada siklus II tidak terdapat lagi siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Strategi pembelajaran Training Within Industry adalah mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,76 meningkat menjadi 83,05 dengan rata-rata peningkatanpenguasaanmateripadasiklus I dansiklus II sebesar 11%. Dari hasil peningkatan hasil belajar tersebut berarti bahwa penerapan stategi pembelajaran training within industry pada mata pelajaran menggambar Konstruksi Tangga mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 052 |
Keywords: | Hasil Belajar, Training Within Industry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 14:51 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32984 |