RIVANI, DINDA (2018) PENGARUH METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2141111008 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 2141111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM 2141111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (958kB) | Preview
4. NIM 2141111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM 2141111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 2141111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 2141111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 2141111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
12. NIM 2141111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM 2141111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode information search terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Swasta PAB 12 Saentis tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini berjumlah 273 siswa. Dari jumlah populasi ditetapkan 27 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test post test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi sebelum menggunakan metode information search masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 6,44, sedangkan kemampuan siswa menulis teks eksposisi sesudah menggunakan metode information search masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 9,25. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (9,68) > ttabel (2,06) pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh metode information search terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Swasta PAB 12 Saentis tahun pembelajaran 2018/2019. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksposisi sesudah menggunakan metode information search lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan metode information search, proses pembelajaran sesudah menggunakan metode information search berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 155 |
Keywords: | metode information search, menulis teks eksposisi, SMK Swasta PAB 12 Saentis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 14:35 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32971 |