ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

SIMORANGKIR, ANGGITA (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143341003 COVER_rtf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143341003 COVER_rtf.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143341003 APPROVAL SHEET_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143341003 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (987kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143341003 ABSTRACT_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143341003 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143341003 PREFACE_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143341003 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143341003 TABLE OF CONTENTS_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143341003 TABLE OF CONTENTS_docx.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4143341003 ILLUSTRATION_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143341003 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4143341003 TABLES_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143341003 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143341003 APPENDICES_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143341003 APPENDICES_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143341003 CHAPTER I_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143341003 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4143341003 CHAPTER V_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4143341003 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4143341003 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4143341003 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi sistem ekskresi manusia dari aspek kognitif dan aspek indikator pembelajaran dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Desain penelitian yang
digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 118 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara
Purposive Sampling yang berjumlah 45 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan angket. Hasil tes menunjukkan siswa berada pada kategori tidak tuntasan belajar siswa. Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif untuk C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 adalah 40,11% (sedang), 37,82% (rendah), 41,69% (sedang), 53,39% (sedang), 49,15%
(sedang), dan 60,45% (tinggi). Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek indikator yaitu menyebutkan pengertian sistem ekskresi serta organnya sebesar
37,29% (rendah), mengidentifikasi struktur dan fungsi ginjal sebagai organ ekskresi manusia sebesar 35,59% (rendah), mendeskripsikan struktur nefron dan menjelaskan proses pembentukan urin manusia sebesar 42,91% (sedang), mengidentifikasi struktur dan fungsi hati sebagai organ ekskresi manusia sebesar 42,94% (sedang), mengidentifikasi struktur dan fungsi paru-paru sebagai organ ekskresi manusia sebesar 47,46% (sedang), mengidentifikasi struktur dan fungsi kulit sebagai organ ekskresi manusia sebesar 48,31% (sedang), dan menentukan kelainan atau penyakit pada organ ekskresi pada manusia sebesar 55,37% (sedang). Kesulitan indikator struktur dan fungsi organ ginjal pada sistem ekskresi manusia dan proses pembentukan urin termasuk kategori menghambat. Indikator pengertian sistem ekskresi dan organnya, struktur dan fungsi organ paru-paru pada sistem ekskresi manusia, struktur dan fungsi organ hati pada sistem ekskresi manusia, kelainan/penyakit pada sistem ekskresi manusia, dan sistem pembelajaran pada materi sistem ekskresi manusia termasuk kategori cukup menghambat. Sementara indikator struktur dan fungsi organ kulit pada sistem ekskresi manusia termasuk kategori tidak menghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 228
Keywords: KESULITAN BELAJAR, SISTEM EKSKRESI MANUSIA, ASPEK KOGNITIF, INDIKATOR PEMBELAJARAN
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 14:13
Last Modified: 26 Mar 2019 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32960

Actions (login required)

View Item
View Item