Tasraida (2009) HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI, MOTIVASI KERJA DAN PERAN SERTA DALAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DENGAN KEMAMPUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1-081188130053_KataPengantar.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
2-081188130053_Abstrak.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3-081188130053_DaftarIsi.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
4-081188130053_Bab_I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5-081188130053_Bab_V.pdf - Published Version
Download (809kB) | Preview
6-081188130053_DaftarPustaka.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada hubungan signifikan komunikasi antar pribadi dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran?, (2) apakah ada hubungan signifikan motivasi kerja dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran?, (3) apakah ada hubungan signifikan peran serta dalam MGMP dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran?, (4) apakah ada hubungan signifikan komunikasi antar pribadi dengan motivasi kerja guru?, (5) apakah ada hubungan signifikan komunikasi antar pribadi dengan peran serta dalam MGMP?, (6) apakah ada hubungan signifikan komunikasi antar pribadi dengan peran serta dalam MGMP?, (7) apakah _ada hubungan signifikan komunikasi antar pribadi, motivasi kerja, dan peran serta dalam MGMP dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran?Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) hubungan komunikasi antar pribadi dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran, (2) hubungan motivasi kerja dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran, (3) hubungan peran serta dalam MGMP dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran, (4) hubungan antara komunikasi antar pribadi dan motivasi kerja dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran, (5) hubungan antara komunikasi antar pribadi dan peran serta dalam MGMP dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran, (6) hubungan antara komunikasi antar pribadi dan peran serta dalam MGMP dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran, dan (7) hubungan antara komunikasi antar pribadi, motivasi kerja, dan peran serta dalam MGMP dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran.Populasi penelitian adalah seluruh guru Biologi SMA Negeri Kota Medan yang tersebar di 21 sekolah dengan jumlah 103 orang dengan jumlah sampel 50 guru yang diambil dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan angket. Uji persyaratan yang dilakukan adalah uji normalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data adalah korelasi dan regresi pada taraf signifikansi a = 0,05.Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan: (1) komunikasi antar pribadi berhubungan signifikan dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran, dengan angka korelasi 0,440 (2) motivasi kerja berhubungan signifikan dertgan kemampuan pelaksanaan pembelajaran, dengan angka korelasi 0,302 (3) peran serta dalam MGMP berhubungan signifikan dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran dengan angka korelasi 0,462 (4), motivasi kerja berhubungan signifikan dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran dengan angka korelasi 0,448 (5) komunikasi antar pribadi dan peran serta dalam MGMP berhubungan signifikan dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran dengan angka korelasi 0,634, (6) motivasi kerja dan peran serta dalam MGMP berhubungan signifikan dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran dengan angka korelasi 0,505 dan (7) komunikasi antar pribadi, motivasi kerja dan peran serta dalam MGMP berhubungan signifikan dengan kemampuan pelaksanaan pembelajaran dengan angka korelasi 0,569.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Tas h |
Keywords: | Guru; Komunikasi; Motivasi kerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 18:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3294 |