LUBIS, HARI SETIAWAN (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VII SMP DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6143311018 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 6143311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
3. NIM. 6143311018 ABTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 6143311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 6143311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 6143311018 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 6143311018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 6143311018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 6143311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13. NIM. 6143311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM. 6143311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berguna untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola menggunakan kaki bagian luar melalui pendekatan bermain dan modifikasi alat pada siswa kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan TahunAjaran 2018/2019 metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VII - A yang terdiri dari 22 orang siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dribbling kaki bagian luar sepak bola. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana 22 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 68.18% dengan nilai rata- rata 71.86 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 7 orang dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 31.92% itu berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya dengan siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 22 orang siswa terdapat 19 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,36% dengan nilai rata-rata 84,50 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang siswa 13,64%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan bermain dan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dribbling sepak bola pada siswa kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 039 |
Keywords: | - |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 16:33 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32920 |