HATI, KEMBANG (2019) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142121007 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4142121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM 4142121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM 4142121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM 4142121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 4142121007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4142121007 TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 4142121007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 4142121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM 4142121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4142121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas XI semester I SMA N 8 Medan tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretestpostest
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 8 Medan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas
XI MIPA 5 yang terdiri dari 25 orang sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI MIPA 6 yang terdiri dari 25 orang sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa adalah tes hasil belajar berbetuk essay dengan jumlah 8 soal yang sudah
divalidasi, lembar penilaian aktivitas belajar siswa, dan penilaian hasil belajar siswa. Analisis data pretes dan postes diperoleh bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh 0,37 hitung t dan 2,68 tabel t , hal ini menyatakan bahwa hitung tabel t t yang memiliki arti bahwa kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak α = 0,05 dan dk = 48 diperoleh 3,62 hitung t dan 2,4 tabel t , sehingga hitung tabel t t maka hipotesis (H0) ditolak dan terima hipotesis (Ha ) dengan demikian ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi suhu dan kalor di SMA N 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 072 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 14:44 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32866 |