MANIK, DAHRIANTO (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN VARIASI DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUMBAN JULU KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6143311010 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 6143311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 6143311010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 6143311010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM. 6143311010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. NIM. 6143311010 TABLE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 6143311010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 6143311010 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 6143311010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
13. NIM. 6143311010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14.NIM. 6143311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribbling dalam sepak bola melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat pada siswa kelas XI SMK Negeri I Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lumbanjulu, Jln. Lintas Sumatera, kecamatan lumbanjulu, Kab.Toba samosir, Provinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 15-27 Oktober 2018 dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 21 putra dan 9 putri. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan portofolio. Dari data awal Dribbling dalam pembelajaran sepak bola siswa, hanya 8 orang siswa yang tuntas (26,67%) dan 22 sisiwa yang belum tuntas (73,33%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 15 orang (50%) dan siswa yang belum tuntas 15 orang (50%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 26 orang (86,67%) dan siswa yang belum tuntas 4 orang (13,33%). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 64,8 pada te siklus I nilai rata-rata belajar siswa meningkat menjadi 72,9 pada tes siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 81,67. Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 26,67% ( tidak tuntas ) persentase ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 50 % ( tidak tuntas ) dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa telah mencapai 86,67 % ( tuntas ) berdasarkan hasil analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat memberikan peningkatan hasil belajar dribbing sepak bola pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Ajaran 2018/2019. Peningkatan klasikal dari tes siklus I hingga tes siklus II adalah 36,67%, kemudian nilai rata-rata siswa dari tes siklus I hingga tes siklus II adalah 8,77.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 021 |
Keywords: | variasi pembelajaran,mopdifikasi alat,dribbling sepak bola,PTK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3401 School hygiene. School health services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 11:20 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32826 |