TAMBUNAN, MARIA BR. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI BAHAN PEMBERSIH DAN BAHAN SANITER PADA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133144019 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 5133144019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
3. NIM. 5133144019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 5133144019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5. NIM. 5133144019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 5133144019 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 5133144019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5133144019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 5133144019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM. 5133144019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
14. NIM. 5133144019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar kompetensi menganalisis bahan pembersih dan bahan saniter dengan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar kompetensi menganalisis bahan pembersih dan bahan saniter dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kompetensi menganalisis bahan pembersih dan bahan saniter pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 61 siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 30 siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan 31 siswa kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 43 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan pada materi kompetensi menganalisis bahan pembersih dan bahan saniter pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan pada materi kompetensi menganalisis bahan pembersih dan bahan saniter pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah. Terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kompetensi menganalisis bahan pembersih dan bahan saniter pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh t_hitung=5,59 dan t_tabel=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 59 sehingga sehingga t_hitung>t_tabel atau 5,59>2,00
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RIAS 012 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Bahan Pembersih Dan Bahan Saniter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:25 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32769 |