HANDAYANI, TITI (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMKS AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142141048 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 7142141048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 7142141048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 7142141048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM. 7142141048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 7142141048 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7142141048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7142141048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 7142141048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM. 7142141048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 7142141048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMKS Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKS Al-Washliyah 3 Medanyang berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan total sampling, yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI APdan XI AK yang berjumlah 50 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar80 dengan standar deviasi 9,68 dimana nilai varians 93,75.Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73 dengan standar deviasi 10,61 dimana nilai varians 112,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2 = 48 pada taraf signifikan 95% diperoleh ttabel sebesar 1,677 dan thitung sebesar 2,29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (2,29) >ttabel (1,677 ) maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dalam pendekatan saintifik berbantuan macromedia falsh terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan macromedia flash lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 52% dari pada hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,67% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas XI SMKS Al-Washliyah 3 Medan TahunAjaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 NIAGA 006 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik, Macromedia Flash, dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:18 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32764 |