GINTING, MONALISA (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 STM HILIR KAB. DELI SERDANG T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3143131039 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 3143131039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
3. NIM. 3143131039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 3143131039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5MOGKS~Q.PDF - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 3143131039 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 3143131039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8. NIM 3143131039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9. NIM. 3143131039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM. 3143131039 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM. 3143131039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Media Video Untuk Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 STM Hilir Kabupaten Deli Serdang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media video dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS SMA N 1 STM Hilir. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 STM Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 STM Hilir yang berjumlah 64 orang. Mengingat jumlah populasi yang terbatas maka keseluruhan populasi akan dijadikan sebagai sampel sehingga diperoleh keseluruhan sampel adalah 64 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, test obyektif berbentuk pilihan ganda. Uji validitas untuk butir test menggunakan rumus korelasi product moment, realibilitasnya dihitung dengan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan uji t-test. Hasil Penelitian menunjukkan media video sangat efektif di terapkan di dalam pembelajaran terbukti dengan peningkatan hasil rata-rata pre test ke post test untuk kelas kontrol sebesar 3,22% dan untuk kelas eksperimen sebesar 11,89%, media video juga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terbukti dengan diperoleh thitung sebesar 0,115 dan nilai signifikansi sebesar 0,036. Nilai signifikansi menyatakan lebih < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa media video telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 022 |
Keywords: | - |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 15:53 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32746 |