SIREGAR, MHD. RIDWAN FADILAH (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.6141111042 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. NIM.6141111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM.6141111042 ABSTACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM.6141111042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM.6141111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM.6141111042 TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM.6141111042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM.6141111042 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM.6141111042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
13. NIM.6141111042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM.6141111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar paasing dalam sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Dari hasil observasi yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing dengan kaki bagian dalam masih tergolong rendah. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis secara deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Misalnya mencari nilai rata-rata, presentase keberhasilan belajar, dan lain-lain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif secara persentase.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada siklus I siswa yang tidak tuntas 10 siswa (31,25 %) dan siswa tuntas 22 siswa (68,75 %) dengan rata – rata nilai pada saat awalan (3,15),pada saat pelaksanaan (2,87) serta pada sikap akhir (3,15). Pada siklus II hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam siswa tidak tuntas 3 siswa (9,37 %) dan siswa tuntas 29 orang (90,62 %) dengan nilai rata – rata pada saat awalan (3,15),pada saat pelaksanaan (3,15),serta pada saat sikap akhir (3,28). berdasarkan hasilnya rata-rata siklus I sebesar (76,55 %) dan siklus II sebesar (82,80 %) ternyata membawa peningkatan. Peneliti ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 005 |
Keywords: | Passing Kaki Bagian Dalam, Pendekatan Bermain, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 13:53 |
Last Modified: | 14 May 2019 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32671 |