MANURUNG, APNI (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
2. NIM. 4143111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM. 4143111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 4143111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 4143111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 4143111005 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 4143111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
8. NIM. 4143111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 4143111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
13. NIM. 4143111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan in dilaksanakan di kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah Medan tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah Medan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Swasta
Amir Hamzah Medan. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel saat diterapkan model
pembelajaran berbasis masalah, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 3.027 sudah berada pada kategori cukup baik dan siklus II 3.389
berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan dimana pada tes kemampuan berpikir kreatif I di siklus I persentase ketuntasan hanya 54.17% (13 orang siswa) dengan rata-rata 63.54 dan pada siklus II menjadi 87.5% (21 orang siswa) dengan nilai rata-rata 80.69 dan sudah memenuhi persentase ketuntasan klaskal yaitu (≥65%). Dan berdasarkan data
lembar kerja siswa (LAS) pada pertemuan I dan II di siklus I diperoleh 5 dari 6 kelompok yang tuntas dan pada pertemuan III di siklus II diperoleh 6 dari 6
kelompok yang tuntas. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa model pembelajaran Berbasi Masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 032 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Kreatif; Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:34 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32627 |