PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MAS PP AHMADUL JARIAH KOTA PINANG

Murni, Listia (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MAS PP AHMADUL JARIAH KOTA PINANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188930037 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188930037 Pengantar.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188930037 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188930037 Abstrak.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188930037 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188930037 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188930037 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188930037 Bab I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 5-081188930037 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188930037 Bab V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188930037 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188930037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajarbiologi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsawdengan Strategi Pembelajaran STAD; (2) Perbedaan hasil belajar biologi yangmemiliki motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah; (3)Interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasilbelajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan di MAS PP Ahmadul Jariah, KotaPinang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS PP AhmadulJariah sebanyak 105 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik clusterrandom samplig dan selanjutnya melalui pengundian maka kelas XI-A terpilihsebagai kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran Kooperatif Jigsaw dankelas XI-B terpilih sebagai kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajarankooperatif STAD. Data motivasi berprestasi dikumpulkan menggunakan angketdan data hasil belajar Biologi dengan tes. Instrumen digunakan setelah divalidasioleh validator dan uji cobs instrumen. Hasil uji persyaratan menunjukkan sebarandata hasil belajar Biologi dan motivasi berprestasi adalah berdistribusi normal danhomogen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji ANAVAdilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil ini menunjukkan (1) Strategi pembelajaranmemberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Biologisiswa kelas XI MAS PP Ahmadul Jariah (Fhitung 6,11 > Ftabei 4,00); (2) Motivasiberprestasi memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasilbelajar Biologi siswa XI PP Ahmadul Jariah (Fhitung 24,058 > Ftabei 7,13); (3)Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswaterhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI MAS PP Ahmadul Jariah (Flutung11,213 > Ftabel 7,13); (4) Hasil belajar biologi siswa pada kelas Jigsaw yangmemiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi (X = 83,22) dibandingkandengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada kelas Jigsaw (X =64,47), lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasiberprestasi tinggi pada kelas Tipe STAD (X = 74,89) dan lebih tinggidibandingkan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada kelaskonvensional ( X = 71,35).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 574.071 Mur p
Keywords: StrategiPembelajaranMotivasiBiologiPrestasiKooperatifJigsaw
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 18:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item
View Item