Murni, Listia (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MAS PP AHMADUL JARIAH KOTA PINANG. Masters thesis, UNIMED.
1-081188930037 Pengantar.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2-081188930037 Abstrak.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
3-081188930037 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4-081188930037 Bab I.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5-081188930037 Bab V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
6-081188930037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajarbiologi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsawdengan Strategi Pembelajaran STAD; (2) Perbedaan hasil belajar biologi yangmemiliki motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah; (3)Interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasilbelajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan di MAS PP Ahmadul Jariah, KotaPinang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS PP AhmadulJariah sebanyak 105 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik clusterrandom samplig dan selanjutnya melalui pengundian maka kelas XI-A terpilihsebagai kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran Kooperatif Jigsaw dankelas XI-B terpilih sebagai kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajarankooperatif STAD. Data motivasi berprestasi dikumpulkan menggunakan angketdan data hasil belajar Biologi dengan tes. Instrumen digunakan setelah divalidasioleh validator dan uji cobs instrumen. Hasil uji persyaratan menunjukkan sebarandata hasil belajar Biologi dan motivasi berprestasi adalah berdistribusi normal danhomogen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji ANAVAdilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil ini menunjukkan (1) Strategi pembelajaranmemberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Biologisiswa kelas XI MAS PP Ahmadul Jariah (Fhitung 6,11 > Ftabei 4,00); (2) Motivasiberprestasi memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasilbelajar Biologi siswa XI PP Ahmadul Jariah (Fhitung 24,058 > Ftabei 7,13); (3)Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswaterhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI MAS PP Ahmadul Jariah (Flutung11,213 > Ftabel 7,13); (4) Hasil belajar biologi siswa pada kelas Jigsaw yangmemiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi (X = 83,22) dibandingkandengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada kelas Jigsaw (X =64,47), lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasiberprestasi tinggi pada kelas Tipe STAD (X = 74,89) dan lebih tinggidibandingkan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada kelaskonvensional ( X = 71,35).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Mur p |
Keywords: | StrategiPembelajaranMotivasiBiologiPrestasiKooperatifJigsaw |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 18:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3261 |