SITOHANG, TRIWELA (2018) ANALISIS PENILAIAN AUTENTTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1SILIMA PUNGGA PUNGGA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2141111042 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM.2141111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
3. NIM.2141111042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM.2141111042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM.2141111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM.2141111042 TABLES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM.2141111042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM.2141111042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
12. NIM.2141111042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. NIM.2141111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X MIA 1 SMAN 1 Silima Pungga Pungga , (2) bagaimana teknik penilaian autentik yang digunakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X MIA 1 SMAN 1 Silima Pungga Pungga, (3) apa kendala guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas di kelas X MIA 1 SMAN 1 Silima Pungga Pungga. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Silima Pungga Pungga. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas X dan siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Silima Pungga Pungga. Objek penelitian pada penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X MIA 1 di SMA Negeri 1 Silima Pungga Pungga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks anekdot sudah baik dengan persentase yang diperoleh 77,5%. Teknik penilaian yang digunakan pada aspek kompetensi sikap yaitu observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman dengan persentase yang diperoleh 92,5 %. Untuk menilai kompetensi pengetahuan teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan dengan persentase yang diperoleh 100%. Teknik penilaian yang digunakan pada kompetensi keterampilan adalah tes praktik, dan penilaian portofolio dengan persentase yang diperoleh 100%. Guru masih mengalami kendala-kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik. Kendalanya yaitu keterbatasan waktu, peserta didik, dan banyaknya rubrik penilaian. Hal ini menunjukkan bahwa guru berusaha menerapkan penilaian autentik dengan baik dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 012 |
Keywords: | Kurikulum 2013, Penilaian Autentik, Teks Anekdot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:01 |
Last Modified: | 16 May 2019 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32606 |