DOLOKSARIBU, DANIEL (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133111012 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 5133111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 5133111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 5133111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 5133111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 5133111012 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 5133111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 5133111012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5133111012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM. 5133111012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 5133111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Pendidikan nasiaonal merupakan pendidikan yang berdasarkan UUD yang berakar pada nilai agama, kebudayaan nasional indonesia dan tanggapan terhadap perubahan zaman. Namun berdasarkan observasi yang dilakukan rendahnya perolehan nilai harian siswa kelas x SMK Negeri 1 Lubuk Pakam semester ganjil program keahlian konstruksi kayu tahun ajaran 2026/2017, menjadi faktor timbulnya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari pengertian pondasi dangkal dan jenis-jenis pondasi dangkal. Dan pada siklus kedua mempelajari pengertian pondasi dalam dan jenis-jenis pondasi dalam. Hasil uji coba instrument yang dilakukan pada siklus pertama dari 23 soal diperoleh 19 soal yang valid dan pada siklus kedua dari 23 soal diperoleh 18 soal valid. Uji reabilitas diperoleh 0,838 ( sangat tinggi). Dari hasil penelitian didapat nilai rata-rata observasi aktivitas kegiatan belajar mengajar dengan nilai 76 pada siklus I meningkat menjadi 86 pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa 76 pada siklus I meningkat sebesar 9% menjadi 85 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan khususnya siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam program keahlian konstruksi kayu pada tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 003 |
Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Group Investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:02 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32543 |