HUTAGALUNG, RUSDIN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK INSTALASI PERMESINAN KAPAL (TIPK) SMK SWASTA BAHARI HANG TUAH BELAWAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133321007 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 5133321007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM. 5133321007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM. 5133321007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 5133321007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 5133321007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5133321007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5133321007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 5133321007 BAB I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. NIM. 5133321007 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 5133321007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi Gambar Teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI mata pelajaran Gambar Teknik pada kompetensi dasar menggambar kontruksi geometris dan proyeksi gambar teknik di kelas X TIPK SMK Swasta Bahari Hang Tuah Belawan T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TIPK SMK Swasta Bahari Hang Tuah Belawan T.A 2017/2018, yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Gambar Teknik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 21 siswa (70%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 siswa (30%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 71,667 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 70%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 25 siswa (83,34%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (16,66%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,667 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 83,34%. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke posttest siklus II. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar menggambar kontruksi geometris dan proyeksi gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSN 001 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI, AKTIVITAS SISWA, HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > ND Painting > ND1470 Technique and materials T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:53 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32535 |