PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X-MIA SEMESTER II MAN BINJAI T.P. 2017/2018

SELANI, YOLANDA BIDARI DWI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X-MIA SEMESTER II MAN BINJAI T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143121067 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143121067 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143121067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143121067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143121067 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143121067 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143121067 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143121067 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143121067 DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143121067 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143121067 DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143121067 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143121067 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143121067 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143121067 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143121067 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143121067 BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143121067 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143121067 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143121067 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143121067 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143121067 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X-MIA MAN Binjai T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X-MIA Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Pada kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-MIA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 52,62 dengan standar deviasi 6,70, dan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 59,25 dengan standar deviasi 6,66. Uji normalitas data pretes Lhitung < Ltabel (0,1267 < 0,1401) artinya data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel (0,987 < 1,715). Setelah itu dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung < ttabel (1,3509 < 1,994) yang artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal sama. Kemudian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu model problem based learning pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 81,87 dan nilai rata-rata kelas kontrol 73,12. Kemudian dilakukan uji t satu pihak untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara nilai kelas eksperimen dan kontrol. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,201 sedangkan ttabel = 1,667 karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model problem based learning berbantu macromedia flash terhadap hasil berlajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X-MIA MAN Binjai T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 028
Keywords: Model Problem Based Learning, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Fluida Statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Feb 2019 11:36
Last Modified: 06 Mar 2020 06:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32522

Actions (login required)

View Item
View Item