HARAHAP, SARTIKA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER GANJIL SMAN 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121066 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4141121066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
3. NIM. 4141121066 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 4141121066 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 4141121066 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 4141121066 ILUSTRASION_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4141121066 TABLE_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4141121066 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 4141121066 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM. 4141121066 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 4141121066 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dikela XI dan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dikelas eksperimen kelas Xl. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas kelas XI SMAN 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 2 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu yang pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen observasi guru dan siswa selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 53,33 dan pada kelas kontrol adalah 50,44. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,132 < 2,002 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 58. Hal ini berarti H0 diterima, yang berarti kedua kelas yang menjadi sampel penelitian memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning sebesar 72,67 sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh 65,11. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,81 > 1,671 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 58. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa akibat diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dikelas eksperimen kelas XI. Sehingga model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dikelas eksperimen kelas XI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 023 |
Keywords: | Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:17 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32513 |