AGUSTINA, DEWI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER I MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4141121007 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
02. NIM. 4141121007 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
03. NIM. 4141121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
04. NIM. 4141121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
05. NIM. 4141121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
06. NIM. 4141121007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
07. NIM. 4141121007 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM. 4141121007 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
09. NIM. 4141121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM. 4141121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
14. NIM. 4141121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI semester I MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I MAN 2 Model Medan yang terdiri dari sembilan
kelas IPA. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan cara class random sampling. Instrumen yang digunakan
untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes kogitif dalam bentuk essay tes dengan jumlah 8 soal. Kognitif siswa di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri mengalami perubahan. Rata-rata pretes diperoleh sebesar 35,7 dan postes sebesar 81,0 sudah mencapai nilai KKM mata pelajaran fisika di sekolah. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri mengalami peningkatan, pada
pertemuan I nilai rata-rata 68,05 dengan kategori aktif, pertemuan II nilai rata-rata 74,84 dengan kategori aktif dan pertemuan III nilai rata-rata 80,15 dengan kategori aktif. Sikap siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan, pada pertemuan I nilai rata 72,22 dengan kategori baik, pertemuan II nilai rata-rata 82,22 dengan kategori baik dan pertemuan III nilai rata-rata 82,00 dengan kategori sangat baik. Keterampilan siswa dalam proses pembelajaran (dalam melaksanakan praktikum) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan, pada pertemuan I nilai rata-rata 66,85 dengan kategori B,
pertemuan II nilai rata-rata 76,48 dengan kategori B+ dan pertemuan III nilai rata-rata 75,92 dengan kategori A-.
Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 11,4463, artinya bahwa ada perbedaan model pembelajaran inkuri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI Semester I MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran
2018/2019 yang sejalan dengan meningkatnya aktivitas siswa, sikap siswa dan keterampilan siswa pada setiap pertemuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 011 |
Keywords: | Inkuiri; Hasil Belajar; Aktivitas; Sikap; Keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 10:24 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32483 |