SITUMORANG, LASRIA LESTARI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SEMESTER I DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121034 COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. NIM. 4141121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM. 4141121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 4141121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 4141121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 4141121034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 4141121034 TABLES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8. NIM. 4141121034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 4141121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
13. NIM. 4141121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4141121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas XI Semester I di SMA Negeri 10 Medan T.P 2018/2019 bertujuan untuk mengetahui hasil pengetahuan konseptual siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretes – Posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang terdiri
dari 4 kelas paralel. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik class random sampling yaitu XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa yang diberi perlakuan mode pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan XI MIA-3 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pengetahuan konseptual siswa dalam bentuk essay test dengan jumlah soal 8 butir yang telah divalidasi oleh
validator. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 42,40 dengan standar deviasi 4,04 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 42,31 dengan standar deviasi 4,09. Kemudian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai ratarata postes kelas eksperimen 78 dan kelas kontrol 65,84. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi di kelas XI Semester I SMA Negeri 10 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 008 |
Keywords: | KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION, PENGETAHUAN KONSEPTUAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 09:43 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32480 |