Tampubolon, Hotnaria (2011) PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP BERBASIS KOMPUTER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA MAHASISWA PRODI MATEMATIKA FKIP UHN PEMATANG SIANTAR PADA PEMBELAJARAN LARUTAN. Masters thesis, UNIMED.
1-081188410011 Pengantar.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
2-081188410011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3-081188410011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
4-081188410011 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5-081188410011 Bab V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
6-081188410011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut, yaitu untuk: (1) mengetahui perbedaan motivasi antara mahasiswa yang menerima pembelajaran media peta konsep berbasis komputer dengan mahasiswa yang menerima pembelajaran media peta konsep tanpa komputer, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang menerima pembelajaran media peta konsep berbasis komputer dengan mahasiswa yang menerima pembelajaran media peta konsep tanpa komputer, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa setelah menerima pembelajaran dengan media peta konsep berbasis komputer dan setelah menerima pembelajaran dengan media peta konsep tanpa komputer. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN pada semester Ganjil Tabun Ajaran 2009/2010 Pematangsiantar yang mengambil mata kuliah Kimia Dasar I. Dan jumlah sampel sebanyak dua kelas, yang dipilih dengan teknik random. Dimana satu kelas digunakan untuk kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media peta konsep berbasis komputer dan satu kelas lainnya digunakan untuk kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media peta konsep tanpa komputer. Teknik analisis data dilakukan dengan uji T berpasangan dan Uji Regresi Linear. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smimov untuk uji normalitas dan uji Chi Squere untuk uji homogenitas. Reliabilitas tes hasil belajar Alpha Cronbach (pada Reliability Statistic) = 0,928 ternyata lebih besar dari rtabei = 0,312, maka tes yang diuji coba reliabel.Temuan dan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar kimia mahasiswa yang menerima pembelajaran dengan media peta konsep berbasis komputer lebih baik secara signifikan dibanding dengan motivasi belajar mahasiswa yang menerima pembelajaran dengan media peta konsep tanpa komputer yang ditunjukkan dari nilai proporsi p(Sig (2-tailed)) =0,00 (harga p < 0,05). (2) Hasil belajar kimia mahasiswa yang menerima pembelajaran dengan media peta konsep berbasis komputer lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang menerima pembelajaran dengan media peta konsep tanpa komputer yang ditunjukkan dari nilai proporsi p (Sig (2-tailed)) =0,00 (harga p < 0,05. (3) Ada pengaruh antara motivasi terhadap keberhasilan belajar pada mata kuliah kimia dasar melalui pembelajaran media peta konsep berbasis komputer (yang ditujukkan dengan nilai signifikan p = 0,025 dimana 0,025 < 0,05) dan melalui pembelajaran media peta konsep tanpa komputer (yang ditunjukkan dengan nilai signifikan p = 0,002 dimana 0,002 < 0,05) di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Tam p |
Keywords: | Belajar;Motivasi;Media;Kimia;Komputer;Peta; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3245 |