SITEPU, CAMELIA FANNY (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CO OP CO OP DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMKS JAMBI MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7141141012 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 7141141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
3. NIM 7141141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. NIM 7141141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM 7141141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7141141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM 7141141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 7141141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
12. NIM 7141141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM 7141141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurang inovatif model pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Model Pembelajaran Co Op Co Op dan Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMKS Jambi Medan T.A 2017/2018? Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP sebanyak 76 orang dengan 40 orang sebagai sampel penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu Berdasarkan analisa data diperoleh bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran kepada kedua kelas diperoleh rata-rata hasil belajar kearsipan siswa kelas 54 setelah diterapkan model pembelajaran Co Op Co Op dipeoroleh nilai rata-rata hasil belajar kearsipan 80 dan Explicit Instruction diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kearsipan siswa 67. Dari hasil belajar kedua kelompok dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t satu pihak yaitu uji-t pihak kanan diperoleh thitung7,544dan t tabel 1,666 kemudian dikonsultasikan pada t(0,05)(n1+n2-2) maka secara interpolasi diperoleh harga thitung>ttabel yaitu 7,544 > 1,666 sehingga Ha diterima yang berarti hasil belajar kearsipan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Co Op Co Op lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan yang menggunakan model pembelajaran Co Op Co Op dan Explicit Instruction di kelas X AP SMK Jambi Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 006 |
Keywords: | Co Op Co Op, Expilicit Instruction, Hasil Belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 15:23 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32426 |