PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM UNTUK KELAS X SMA SESUAI DENGAN TUNTUTAN KTSP

Tobing, Fransisca (2011) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM UNTUK KELAS X SMA SESUAI DENGAN TUNTUTAN KTSP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188410015 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188410015 Pengantar.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188410015 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188410015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188410015 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188410015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188410015 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188410015 Bab I.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[thumbnail of 5-081188410015 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188410015 Bab V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188410015 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188410015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian ini adalah: (I) mengembangkan Buku Penuntun Praktikum Kimia SMA Kelas X Sesuai dengan Tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (2) mengetahui kualitas dan kelayakan Buku Penuntun Praktikum Kimia yang telah disusun. Ada 4 tahap yang dilakukan dalam pengembangan buku petunjuk praktikum ini, yaitu: (1) pengumpulan data yang meliputi mengkaji kurikulum dan materi, (2) pereneanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk awal yang meliputi menyusun buku penuntun praktikum, melakukan validasi, uji coba buku penuntun, dan melakukan revisi, (4) uji coba buku penuntun praktikum di 4 (empat) SMA yang ada di kota Medan. Buku penuntun praktikum kimia yang disusun terdiri dan 5 materi pokok, yaitu; Struktur Atom dan Ikatan Kimia, Reaksi Kimia dan Hukum Dasar Kimia, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Reaksi Redoks, dan Senyawa Karbon. Masing¬masing materi pokok terdiri dan standar kompetensi dan kompetensi dasar; judul, tujuan, gambar alat yang digunakan, label/simbol serta bahaya dari zat yang digunakan, dasar teori, alat dan bahan, prosedur, keselamatan kerja, hasil pengamatan, dan tugas. Dan hasil angket yang disebarkan kepada 9 orang guru yang mengajar di kelas X SMA dan 415 orang siswa kelas X dan XI, sebanyak 79,66% responden guru dan 77,00% responden siswa menyatakan bahwa buku praktikum yang disusun layak sebagai sumber pendukung belajar kimia. Produk penelitian ini berupa Buku Penuntun Praktikum Kimia yang dapat digunakan dalam pembelajaran kimia di kelas X SMA berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Tob p
Keywords: Pengajaran;Kimia;Laboratorium;Praktikum;Practicums;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item
View Item