PANJAITAN, AWALUDDIN RIZKY (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131122002 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 5131122002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM. 5131122002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 5131122002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 5131122002 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. NIM. 5131122002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 5131122002 LIST OF PICTURE.docx.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5131122002 LIST OF APPENDICS.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
9. NIM. 5131122002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM. 5131122002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
14. NIM. 5131122002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi Menyajikan gambar benda 2D secara gambar, sesuai aturan proyeksi orthogonal dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning di kelas X TKR SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan, (2) mengetahui hasil belajar
siswa pada kompetensi gambar teknik dengan menggunakan Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan yang berjumlah 91 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60
siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Gambar Teknik. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi menyajikan gambar benda 2D secara gambar sketsa (gambaran garis besarnya saja dari suatu gambar atau lukisan yang belum selesai), sesuai aturan proyeksi orthogonal kelas eksperimen (menggunakan Model Pembelajaran project based learning) diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,2 dan standar deviasi 6,488 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol
(menggunakan model pembelajaran prblem based learning) diperoleh nilai ratarata 72,93 dan standar deviasi 6,617 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 56,67 %. Hasil uji-t diperoleh nilai thtung > ttable, maka dengan ini Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Gambar Teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 OTM 013 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Project Based Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 14:10 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32241 |