PANE, SITI KHADIJAH SITORUS (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X DI SMAS BUDISATRYA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2142111027 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 2142111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3. NIM 2142111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM 2142111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 2142111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 2142111027 PICTURE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 2142111027 TABELS.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM 2142111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
9. NIM 2142111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM 2142111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. NIM 2142111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsep
penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (paikem) oleh guru dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di sekolah SMAS Budisatrya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, purposive sampling, dan penelitian itu sendiri (human instrument). Penelitian deskriptif ini diteliti melalui subjek dan objek penelitian. Subjek penelitian ialah guru bahasa Indonesia dan objek
penelitian ialah penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (paikem) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Instrumen penelitian ini didukung dengan lembar observasi penerapan model paikem. Pelaksanaan penelitian terhadap model paikem oleh guru di kelas X IPS 2 diidentifikasi melalui proses pembelajaran yaitu guru merancang dan mengelola proses pembelajaran yang mendorong siswa berperan aktif dalam kegiatan percobaan, diskusi kelompok, memecahkan
masalah, mencari informasi, menulis laporan, dan berkunjung
keluar kelas. Semua proses pembelajaran tersebut didukung dengan media pembelajaran (buku, lks, media audio visual (rekaman video), dan media koran), memanfaatkan alat, dan sumber pembelajaran dari lingkungan sekolah. Selain itu, guru juga memberikan penugasan baik individu seperti mencari contoh teks eksposisi dari mendia dan menuliskan contoh dari jenis teks eksposisi, sedangkan penugasan kelompok dengan cara guru
menginstruksikan siswa untuk mendiskusikan materi kelompok dan
menjelaskan contoh teks eksposisi proses melalui rekaman video siswa. Dengan pelaksanaan penerapan model paikem dalam pembelajaran dibuktikan bahwa guru melaksanakan pembelajaran di dalam dan di luar kelas dengan memperoleh hasil pembelajaran yaitu 80 (“baik”).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 160 |
Keywords: | Model Paikem, Pembelajaran, Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 15:22 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32229 |