MARIANA, SITI (2018) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112111009 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 5112111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM. 5112111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 5112111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 5112111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 5112111009 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 5112111009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5112111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 5112111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
14. NIM. 5112111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM. 5112111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Menggambar Teknik Dasar, 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Menggambar Teknik Dasar, 3) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Menggambar Teknik Dasar pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 28 orang.
Data yang disajikan dalam penelitian terdiri dari skor variabel Lingkungan Belajar diperoleh skor teringgi 115; skor terendah 70; dengan rata-rata (M) = 90,68 dan standart deviasi (SD) = 11,70; dengan rentang skor (r) = 45. Motivasi Belajar diperoleh skor tertinggi 129; skor terendah 80; dengan rata-rata (M) = 98,64 dan standar deviasi (SD) = 13,65; dengan rentang skor (r) = 49. Hasil Belajar Pengetahuan Menggambar Teknik Dasar diperoleh skor tertinggi 96; skor terendah 62; dengan rata-rata (M) = 80,93 dan standar deviasi (SD) = 8,17; dengan rentang skor (r) = 34. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Menggambar Teknik Dasar dengan besar korelasi rx1y= 0,486 > rtabel = 0,374 dan thitung = 2,836 > ttabel = 1,706 dan dari korelasi parsial diperoleh rx1y.x2 = 0,406 > rtabel = 0,374 dan thitung = 2,221 > ttabel = 1,703. 2) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Gmbar Teknik Dasar dengan besar korelasi rx2y = 0,603> rtabel = 0,374 dan thitung = 3,854 > ttabel = 1,706 dan dari korelasi parsial diperoleh rx2y.x1 = 0,509 > rtabel = 0,374 dan thitung = 2,957 > ttabel = 1,703. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Diri terhadap Hasil Belaja Pengetahuanr Menggambar Teknik Dasar dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,502 > rtabel = 0,374 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 4,218 > Ftabel = 3,380. Dengan demikian Lingkungan Belajar dan Motivasi mempunyai Hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Menggambar Teknik Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 054 |
Keywords: | Lingkungan Belajar,Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pengetahuan Menggambar Teknik Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 14:55 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32209 |