ZULFIKAR, AMRI (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113311001 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5113311001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 5113311001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 5113311001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM. 5113311001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 5113311001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 5113311001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 5113311001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 5113311001 BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM. 5113311001 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 5113311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan pada Materi pembelajaran kerajinan dari bahan lunak (tanah liat) berupa membuat batu bata dan keramik di Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat T.P. 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 soal pada siklus I terdapat 25 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 4 soal mudah, 16 soal sedang dan 5 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 5 soal buruk, 8 soal cukup, 11 soal baik, dan 1 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,88 (Sangat tinggi). Pada siklus II dari 30 soal diperoleh 25 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 1 soal mudah, 15 soal sedang dan 9 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 10 soal buruk, 11 soal cukup dan 4 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,87 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas 100 % siswanya tuntas. Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 71,61 dengan persentase lulus 28,57 % meningkat pada siklus II dengan rerata kelas mencapai 82,25 dengan persentase lulus 100 %. Hasil Uji t menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar yakni diperoleh t hitung (11,24) > t tabel (2.054) dengan taraf signifikan 5 %. Selanjutnya hasil belajar siswa, perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75,66 dengan persentase lulus 65,71 % meningkat pada siklus II menjadi 86,86 dengan persentase 100 %. Hasil Uji t menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar yakni diperoleh t hitung (6,80) > t tabel (2.054) dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 055 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Peer Lesons , Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 14:41 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32207 |