UTAMI, RIZKIA APRILIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJRAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTS ISLAMIYAH GUPPI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111069 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 4123111069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM. 4123111069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 4123111069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 4123111069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 4123111069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4123111069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
8. NIM. 4123111069 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4123111069 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
14. NIM. 4123111069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 4123111069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pecahan di kelas VII. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Swasta GUPPI Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang. Dan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan pada setiap akhir siklus peneliti memberikan sebuah tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I diperoleh sebanyak 1 siswa (3,57%) memiliki kemampuan berpikir sangat kritis, 5 siswa (17,85%) yang memiliki kemampuan kritis, 11 siswa (39,29%) yang memiliki kemampuan cukup kritis dan 11 siswa (39,29%) berada pada kategori tidak kritis. Dari hasil tersebut terlihat bahwa 17 siswa (60,71%) dari 28 siswa telah mencapai standar berpikir kritis yang ditargetkan, yaitu siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata kelas adalah 65,93.
Kemudian setelah diberikan siklus II diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil analisis kemampuan berpikir kritis setelah dilakukan siklus II diperoleh sebanyak 10 siswa (35,71%) memiliki kemampuan sangat kritis, 9 siswa (32,14%) memiliki kemampuan kritis, 5 siswa (17,85%) memiliki kemampuan cukup kritis dan 4 siswa (14,30%) berada dalam kategori tidak kritis. Dari hasil tersebut terlihat bahwa terdapat 24 siswa yang mencapai standar berpikir kritis yang ditargetkan, yaitu siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dan nilai rata-rata kelas 83,24 sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII tergolong kritis. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pecahan di kelas VII MTs Swasta GUPPI Medan Tahun Ajaran
2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 185 |
Keywords: | Pembelajran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 14:35 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32203 |