NASUTION, RUDI RAHMANSYAH (2018) PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI MOTOR LISTRIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5111131006 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02. NIM 5111131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
03. NIM 5111131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04. NIM 5111131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
05. NIM 5111131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
06. NIM 5111131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
07. NIM 5111131006 TABLE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
08. NIM 5111131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
12. NIM 5111131006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
13. NIM 5111131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Media pembelajaran, yang bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Web pada mata pelajaran Memperbaiki Motor Listrik dengan materi pokok Memperbaki motor listrik, membongkar dan melilit kumparan. Pengembangan media pembelajaran termasuk hal yang sangat dibutuhkan dalam inovasi pembelajaran, Pengembangan media pembelajaran yang baik serta dengan pemilihan media yang tepat sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Penulis mencoba mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan media atau aplikasi E-learning berbasis internet yang bersifat Open Source. Penulis mengembangkan pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa agar dapat lebih memahami pelajaran dan juga memudahkan pengajar dalam menyampaikan pelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan, Jalan Bilal No52 Pulo Brayan Darat 1 Medan. Sumatera Utara di kelas XI TIPTL SMK Swasta Imelda Medan. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengembangan Media pembelajaran dengan Menggunakan Media E-learning ( Edmodo ) pada mata pelajaran Memperbaiki Motor Listrik. Sedangkan sample penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan. Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Develovment, Implementation, Evaluation) dengan langkah-langkah mengunakan metode penelitian Reasearch and Development (R&D). Pengertian penelitian dan pengembangan tertuju pada proses, penelitian tidak menghasilkan objek, sedangkan pengembangan menghasilkan objek yang dapat dilihat dan diraba.
Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, secara keseluruhan responden menilai media pembelajaran E-learning sangat menarik, kreatif juga terstruktur dan memenuhi indikator kelayakan sebesar 4,4 dari ahli media dan 4,7 dari ahli materi dan 4,23 dari para siswa atau dalam kriteria Sangat Baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran dengan Menggunakan E-learning ini sangat baik dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk Pengembangan media pembelajaran berbasis Internet. Para siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Web Memperbaiki Motor Listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 061 |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Media Pembelajaran E- Learning, Edmodo, Memperbaiki Motor Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 14:32 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32199 |