PASARIBU, DONNY HASUDUNGAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123311008 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 5123311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
3. NIM. 5123311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 5123311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 5123311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 5123311008 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5123311008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5123311008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5123311008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. NIM. 5123311008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 5123311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Belum optimalnya hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran Berbasis Proyek untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak pada Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Berastagi T.A. 2017/2018.
Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata kumulatif hasil belajar siswa minimal 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua (2) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua (2) kali pertemuan. Pada siklus I mempelajari tentang notasi pelengkap bentuk block Pada siklus II mempelajari tentang menjelaskan tampak bentuk bangunan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting).
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 77,22 dengan persentase kelulusan yaitu 64% meningkat pada siklus II menjadi 87,36 dengan persentase kelulusan yaitu 94%. Metode pembelajaran Berbasis Proyek ini berpusat pada siswa (student centered) dimana metode ini mengajak dan membawa siswa untuk lebih aktif, bersemangat dalam menggali kemampuan individu, menumbuhkan rasa kepercayaan diri dengan kemampuan yang dimiliki, bertanya, menganalisis dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Metode Pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Kompetensi Dasar Menggambar teknik pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Berastagi T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 011 |
Keywords: | Hasil Belajar, Menggambar dengan Perangkat Lunak, Proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 14:23 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32190 |