PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI KELAS X JURUSAN TIPTL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2018/2019

SIMANJUNTAK, EDI PRAWIRA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI KELAS X JURUSAN TIPTL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM. 5123131011 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM. 5123131011 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM. 5123131011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM. 5123131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM. 5123131011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM. 5123131011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM. 5123131011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM. 5123131011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM. 5123131011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM. 5123131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM. 5123131011 TABLE.pdf]
Preview
Text
06 NIM. 5123131011 TABLE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM. 5123131011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 NIM. 5123131011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM. 5123131011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 NIM. 5123131011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM. 5123131011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 NIM. 5123131011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 5123131011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 5123131011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 5123131011 BIBLIOGRAPY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 5123131011 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray, model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray akan lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, dengan sampel kelas X TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan X TIPTL 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara mencari tingkat homogenitas tiap kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Product Moment. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dua pihak kanan pada pre-test dan uji-t satu pihak pada post-test dengan dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik kelas eksperimen yaitu 83,75 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 78,75. Hasil uji-t satu pihak juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 3,222> 2,00. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih tingg dari hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ELK 014
Keywords: Cooperatif learning media two stay two stray;basic and electrical measurements; learning outcomes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Feb 2019 14:20
Last Modified: 25 Feb 2019 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32182

Actions (login required)

View Item
View Item