SIMANJUNTAK, ELISABET (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA N 1 BANGUN PURBA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_4133321039_ COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02_4133321039_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
03_4133321039_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
04_4133321039_ ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
05_4133321039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
06_4133321039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
07_4133321039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08_4133321039_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09_4133321039_ DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
10 _4133321039_BAB I .pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
14_4133321039_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15_4133321039_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Negeri 1 Bangun Purba yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam ranah kognitif berbentuk uraian yang terdiri dari 8 soal yang sudah divalidasi.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek diperoleh rata-rata pretes 38,25 dan nilai rata-rata postes 76,33. Kelas control diperoleh rata-rata pretes 38,33 dan rata-rata postes 69,07. Hasil penilaian di kelas eksperimen menunjukkan aktivitas dengan kategori sangat aktif. Keterampilan siswa termasuk dalam kategori sangat baik serta perubahan sikap pada kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba. Kesimpulan yang di dapat adalah ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 063 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis proyek; hasil belajar; aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 09:23 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32069 |