Nurhasni (2018) ANALISIS KESALAHAN KALIMAT YANG DIGUNAKAN GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 010183 UJUNG KUBU KECAMATAN TANJUNG TIRAM KABUPATEN BATU BARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311045 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM 2143311045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (884kB) | Preview
3. NIM 2143311045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 2143311045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM 2143311045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 2143311045 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 2143311045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
11. NIM 2143311045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
12. NIM 2143311045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kesalahan kalimat yang dilakukan oleh guru dalam interaksi belajar mengajar di SD Negeri 010183 Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Kerangka teori dalam penelitian ini mencakup beberapa teori yang digunakan yaitu pengertian analisis kesalahan berbahasa dan analisis kesalahan kalimat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa/i kelas V di SD Negeri 010183 Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara . Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskripsi-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui dan dideskripsikan bentuk kesalahan kalimat yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 010183 Ujung Kubu. 1). Kesalahan pertama yaitu kesalahan ditinjau dari bidang frasa meliputi kesalahan yang diakibatkan penghilangan preposisi, penggunaan superlative yang berlebihan, penggunaan preposisi yang tidak tepat, pengaruh bahasa daerah dan penggunaan bahasa prokem; 2). Kesalahan kedua ditinjau dari bidang kalimat meliputi kesalahan penggunaan istilah asing, penghilangan konjungsi, dan penggunaan konjungsi yang tidak tepat. Kesalahan bidang kalimat dibagi menjadi kesalahan global dan kesalahan lokal. Berdasarkan data yang diperoleh, kesalahan dominan yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 010183 Ujung Kubu adalah kesalahan lokal yang terdapat 37 kalimat sedangkan kesalahan lokal terdapat pada 9 kalimat. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kesalahan yang ditinjau melalui bidang frasa maupun kalimat pada guru di SD Negeri 010183 Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 177 |
Keywords: | ANALISIS, KALIMAT, BELAJAR, INTERAKSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 11:51 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32044 |