SYUPINA, META PUTRI (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN TARI GUEL BERBASIS MEDIA KARTU POS DI SMP NEGERI 1 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2143340021 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 2143340021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 2143340021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 2143340021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 2143340021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 2143340021 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM. 2143340021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 2143340021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 2143340021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM. 2143340021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 2143340021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif dan efesien nya media kartu pos
yang berisi materi tari guel dalam tujuan pencapaian pembelajaran disekolah.
Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian
seperti teori penerapan oleh Lukman hakim, pembelajaranoleh Rachmawati,
media kartu pos oleh leo, metode eksperimen oleh Sugiono. Metode yang
digunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah preexpreimental
one grub pretes dan postes. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas
yaitu kelas VIII-A yang diberi perlakuan eksperimen menggunakan kurikulum
20013, yaitu kompetensi dasar apresiasi dan kompetensi dasar ekspresi. Pemilihan
kelas dilakukaan secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu aspek pengamatan guru dan belajar siswa, dalam penelitian ini
ada dua yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pengamatan. Berdasarkan penelitian
ini, peneliti ingin melihat proses pembelajaran sebelum menggunakan media kartu
pos dan sesudah menggunakan media kartu pos. Hasil penelitian ini dapat dilihat
bahwa pembelajaran tari guel di kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Takengon
Kabupaten Aceh Tengah sebelum menggunakan media kartu pos dengan rata-rata
nilai pretes apresiasi 64,71 dengan standar deviasi 6,92704. dan rata-rata nilai
ekspresi 67,12 dengan standar deviasi 7,20635. Hasil penelitian sesudah
menggunakan media kartu pos yang didapat dari rata-rata nilai postes apresiasi
83,12 dengan standar deviasi 6,92704. Dan rata-rata nilai ekspresi 84,43 dengan
standar deviasi 7,20635. Data pretes apresiasi dan ekspresi berdistribusi normal
dan homogeny. dari hasil uji paired simple t test pada pada apresiasi dan ekspresi
mengalami peningkatan dari pretes kepostes dengan signifikansi apresiasi nya
sebesar 0,000 dan ekspresi 0,000 yang berarti signifikansi lebih kecil dari 0,005.
Menunjukan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Sehingga penerapan pembelajaran
tari guel berbasis media kartu pos berhasil diterapkan efektif dan efesien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 TARI 021 |
Keywords: | Penerapan, proses pembelajaran, apresiasi dan ekspresi, efektif dan efesien, media kartu pos |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 11:38 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 09:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32031 |