UTAMI, VISTA CITRA (2018) ANALISIS SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143131053 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 3143131053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 3143131053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM. 3143131053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM. 3143131053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 3143131053 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 3143131053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 3143131053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3143131053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
14. NIM. 3143131053 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 3143131053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Binjai tahun 2018. Populasi dalam penelitian adalah SMA Negeri 5 Binjai dengan jumlah guru Geografi sebanyak 3 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan cara total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Guruu Geografi SMA Negeri 5
Binjai telah menggunakan seluruh jenis sumber belajar yaitu jenis sumber belajar berupa pesan, orang, bahan, alat, teknik dan latar. (2) Sumber belajar yang digunakan oleh guru geografi belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini ditandai dengan sumber belajar yang dimanfaatkan guru dan siswa dominan memanfaatkan sumber belajar berupa buku teks dan bahan bacaan tertulis seperti jurnal. Sumber belajar berupa lingkungan , alat dan bahan berupa gambar hanya
sebagai pendukung materi pembelajaran, sehingga siswa terpaku dalam memanfaatkan sumber belajar berupa buku yang dinilai mampu memberikan informasi yang lebih mudah dimengerti oleh siswa. Guru geografi juga tidak memanfaatkan seluruh sumber belajar yang tertulis pada poin alat/bahan dan sumber belajar, hal ini terlihat pada langkah pembelajaran. Secara keseluruhan jenis sumber belajar belum dimanfaatkan secara optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 002 |
Keywords: | sumber; belajar; geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 15:12 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32025 |