WATI, LISMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI KELAS X AP SMKN 1 PANATAI CERMIN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143141049 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 7143141049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM 7143141049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM 7143141049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM 7143141049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 7143141049 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7143141049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM 7143141049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
12. NIM 7143141049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM 7143141049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru dalam memilih model pembelajaran yang diterapkan agar siswa dapat lebih kreatif dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMKN 1 Pantai Cermin Tahun
pelajaran 2017/2018. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X AP 1 dan X AP 2 yang terdiri 60 siswa. Kelas X AP2 sebagai kelas kontrol dan X AP 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar kearsipan dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item dan angket
sebanyak 20 item. Hasil analisa data menunjukkan data nilai rata-rata kelas eksperimen 77 dengan simpangan baku 11,34, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 71,5
dengan simpangan baku 10,6. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Uji Persial (Uji t). Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh bahwa > 2.398 > 0,329. Dengan kata lain hipotesis diterima. Interaksi antara kreativitas
terhadap hasil belajar dikelas eksperimen > yaitu 2,126 > 0,329 dan interaksi antara kreativitas terhadap hasil belajar dikelas kontrol sebesar > 0,581 > 0,329. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Jigsaw dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 1 Pantai Cermin T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 001 |
Keywords: | Model Pembelajaran Jigsaw;Kreativitas Siswa;Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 14:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32005 |