SAPUTRA, SANDY ARMANDO (2019) STUDI PENGGUNAAN ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR SOFTWARE TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK BERDASARKAN KEMAMPUAN DASAR KOMPUTER SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) SMK SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123131042 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
02. NIM. 5123131042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
03. NIM. 5123131042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
04. NIM. 5123131042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
05. NIM. 5123131042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
06. NIM 5123131042 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
07. NIM 5123131042 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
08. NIM 5123131042 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
09. NIM. 5123131042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 5123131042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 5123131042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan dasar terhadap hasil belajar instalasi motor listrik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian.Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Imeda Medan pada semester satu tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas 2 TITL 1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Electrical Control Techniques
Simulator Software dan kelas 2 TITL 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional non Electrical Control Techniques Simulator
Software . Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menguasai instalasi motor listrik yang diajar dengan Electrical Control Techniques Simulator Software dan memiliki kemampuan dasar komputer tinggi adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,234 > Lhitung = 0,094 dan data hasil belajar menguasai instalasi motor listrik yang diajar dengan Electrical Control
Techniques Simulator Software dan memiliki kemampuan dasar komputer rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,249 > Lhitung = 0,1302 dan hasil belajar menguasai instalasi motor listrik yang diajar dengan non Electrical Control Techniques Simulator Software dan memiliki kemampuan dasar komputer tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,24 > Lhitung = 0,1286 dan hasil belajar
menguasai instalasi motor listrik yang diajar dengan non Electrical Control Techniques Simulator Software dan memiliki kemampuan dasar komputer rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,242 > Lhitung = 0,1231 dan kedua
varians data adalah Homogen ( 2 hitung = 5,83 < 2
tabel = 7,82). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran menggunakan Electrical Control Techniques Simulator Software dan non Electrical Control Techniques Simulator Software memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 5,176 > Ftabel = 4,03) (b) Tinggi rendahnya kemampuan dasar komputer memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 25,528 > Ftabel = 4,03), (c) Tidak ada
interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan dasar komputer dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = -0,110 < Ftabel = 4,03).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 015 |
Keywords: | Electrical Control Techniques Simulator Software, Kemampuan dasar Komputer, Hasil Belajar Instalasi Motor Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:27 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31941 |