MOHD ROFIDZAN, ATIKAH (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN EKSISTENSIAL-HUMANISTIK TERHADAP HARGA DIRI SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1144651001_COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. NIM. 1144651001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 1144651001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM. 1144651001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM. 1144651001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1144651001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1144651001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1144651001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 1144651001_BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM. 1144651001_BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM. 1144651001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Eksistensial-Humanistik Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Konseling Kelompok Penguasaan Eksistensial-Humanistik Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2018/2019? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pre-test dan post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 s/d Januari 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-4. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 orang siswa yang memiliki skor terendah di dalam skala Coopersmith’s Self-esteem Inventory dan akan diberi layanan konseling kelompok pendekatan eksistensial-humanistik. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan eksistensial-humanistik terhadap harga diri siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata= 62.5, standar deviasi= 67.56 sedangkan skor (post-test) diperoleh rata-rata = 96.83, standar deviasi= 7.73. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang wilcoxon diperoleh J hitung = 10 sedangkan J tabel = 0. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 6, α = 0.05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika J hitung > J tanel yaitu Uji Jhitung > Jtabel dimana 10 > 0, dari perhitungan ini dapat dilihat pengaruh perlakuan pada kelompok ekperimen artinya pengaruh pemberian layanan konseling kelompok pendekatan eksistensial-humanistik lebih signifikan (10> 0). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan eksistensial-humanistik terhadap harga diri siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 015 |
Keywords: | Layanan Konseling Kelompok, Eksistensial-Humanistik, Harga Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:14 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31922 |