HUBUNGAN PENGUASAAN METODE PEMBELAJARAN, PENGUASAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SIKAP TERHADAP PROFESI GURU DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI KOTA MEDAN

Dhiyaul, Hayati (2010) HUBUNGAN PENGUASAAN METODE PEMBELAJARAN, PENGUASAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SIKAP TERHADAP PROFESI GURU DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-015020006 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-015020006 Pengantar.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 2-015020006 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-015020006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3-015020006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-015020006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4-015020006 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-015020006 Bab I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 5-015020006 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-015020006 Bab V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 6-015020006 Lam,piran.pdf]
Preview
Text
6-015020006 Lam,piran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaanmetode pembelajaran, media pembelajaran dan sikap terhadap profesi gurudengan kemampuan mengajar guru Bahasa Inggris.Populasi penelitian ini adalah Guru Bahasa Inggris di Sekolah MenengahPertama Negeri se-Kota Medan yang mengajar di kelas 3 sebanyak 155 guru,sedangkan sampel penelitian berjumlah 30 guru yang diambil secara acakproporsional dengan teknik undian. Instrumen penelitian yang digunakan adalahtes pada penguasaan metode dan media pembelajaran, serta kuesioner pada sikapterhadap profesi guru dan kemampuan mengajar guru. Untuk tes penguasaanmetode pembelajaran, penguasaan media pembelajaran dan kuesioner sikapterhadap profesi guru, yang menjadi sumber datanya adalah guru Bahasa Inggris.Sedangkan untuk kuesioner kemampuan mengajar guru yang menjadi sumberdatanya adalah siswa.Instrumen ini lebih dahulu diujicoba untuk menentukan validitas danreliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptifdalam mendeskripsikan data dan statistik diferensial untuk pengujian hipotesis.Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa (1) Terdapathubungan positif yang signifikan antara penguasaan metode pembelajaran dengankemampuan mengajar guru Bahasa Inggris SMP Negeri se-Kota Medan pada tarafsignifikansi 0,05. Koefisien korelasi untuk kedua variabel ini adalah sebesar0,824. Bentuk hubungan antara penguasaan metode pembelajaran dengankemampuan mengajar guru ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 72,543 +0,824 X1. (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan mediapembelajaran dengan kemampuan mengajar guru Bahasa Inggris se-Kota Medanpada taraf signifikansi 0,05. Koefisien korelasi untuk kedua variabel ini adalalahsebesar 0,850. Bentuk hubungan anatara penguasaan metode pembelajaran dengankemampuan mengajar ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 53,029 + 0,850X2.Terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap terhadap profesi gurudengan kemampuan mengajar guru Bahasa Inggris se-Kota Medan pada tarafsignifikansi 0,05. Koefisien korelasi untuk kedua variabel ini adalah sebesar0,715. Bentuk hubungan antara penguasaan metode pembelajaran dengankemampuan mengajar ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 20,674 + 0,715X3 Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan metodepembelajaran, penguasaan media pembelajaran dan sikap terhadap profesi gurudengan kemampuan mengajar guru pada taraf signifikansi 0,05. Koefisien korelasitip variabel bebas terhadap variabel terikat atau korelasi regresi ganda adalahsebesar 0,843. Bentuk hubungan antara penguasaan metode pembelajaran,penguasaan media pembelajaran dan sikap terhadap profesi guru dengankemampuan mengajar ditunjukkan oleh persamaan regresi ganda Y = 12,271 +0,352X1 + 0,381X2 + 0,265X3. Dapat disimpulkan kemampuan mengajar dapatdimiliki oleh guru Bahasa Inggris dengan meningkatkan penguasaan metode danmedia pembelajaran, serta sikap yang positif terhadap profesi guru.Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan metodepembelajaran dengan kemampuan mengajar guru Bahasa Inggris di SMP Negerise kota Medan1 Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan mediapembelajaran dengan kemampuan mengajar guru Bahasa inggris di SMPNegeri se kota Medan2 Terdapat hubungan posistif yang signifikan antara sikap terhadap profesi gurudengan kemampuan mengajar guru Bahasa Inggris di SMP Negeri se kotaMedan3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan metodepembelajaran, media pembelajaran dan sikap terhadap profesi guru secarabersama-sama terhadap kemampuan mengajar guru Bahasa Inggris di SMPNegeri se-kota Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Hay h
Keywords: Bahasa; Guru Inggris;Sikap Mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 15 Apr 2016 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3192

Actions (login required)

View Item
View Item