SIREGAR, ERDELIMA (2019) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311018 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2143311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
3. NIM 2143311018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 2143311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM 2143311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 2143311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
10. NIM 2143311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
11. NIM 2143311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bagaimana proses pemberian ransangan pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 9 Medan, (2) bagaimana proses mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 9 Medan, (3) bagaimana prosesmengumpulkan data dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 9 Medan, (4) bagaimana proses mengolah data dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 9 Medan, (5) bagaimana proses membuktian dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 9 Medan, dan (6) bagaimana proses penyimpulan dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 9 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMK Negeri 9 Medan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi dan respon siswa terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi melalui beberapa tahap yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengolahan data, pembuktian data, dan menarik kesimpulan sudah dilakukan guru dengan baik sedangkan tahap pengumpulan data belum dilaksanakan dengan baik oleh guru ataupun siswa, (2) berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan respon siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran discovery learning oleh guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 061 |
Keywords: | discovery learning, kurikulum 2013, teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:08 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31916 |